Sabtu, 03 Desember 2011

PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN

Apa yang anda ketahui mengenai silabus?
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan /atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Sebutkan siapa saja yang punya wewenang dan tanggung jawab untuk mengembangkan silabus?
  • Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteritik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya,
  • Apabila poin pertama tidak terpenuhi, maka pihak sekolah dapat mengusahakan utk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut,
  • Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IP dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait,
  • Sekolah yang blm mampu mengembangkan secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat,
  • Dinas pendidikan dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk tim yang terdiri dari para guru berpengalaman dibidangnya masing-masing.


Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip pengembangan silabus!
  • Ilmiah
    • Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan,
  • Relevan
    • Cakupan, kedalam, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik,
  • Sistematis
    • Komponen-komponen silabus hendaknya saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi,
  • Konsisten
    • Adanya hubungan yang konsisten (taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian,
  • Memadai
    • Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar,
  • Aktual & Kontekstual
    • Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi,
  • Fleksibel
    • Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh
    • Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, Afektif, psikomotor).


Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh pengembang komponen penilaian dalam silabus?
  • Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
  • Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
  • Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan siswa.
  • Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
  • Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan, maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.


Sebutkan komponen-komponen yang membentuk silabus sebagai satu kesatuan perencanaan pembelajaran!
 Komponen silabus terdiri atas:
    1. Identifikasi
    2. Standar Kompetensi
    3. Kompetensi Dasar
    4. Materi Pokok
    5. Pengalaman Belajar
    6. Indikator
    7. Penilaian
    8. Alokasi Waktu
    9. Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran
Untuk mengunduh file klik disini

    1 komentar: