Sabtu, 03 Desember 2011

Rangkuman BAB II PAI Kelas 5

1. Kitab suci ada 4 yaitu: Taurat, Zabur, Injil, dan Al Qur’an.
2. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa As, Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud As, Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa As, dan Kitab Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.
3. Al Qur;an artinya bacaan. Al Qur’anul Karim artinya bacaan yang mulia. Al Qur’an menurut istilah adalah Firman Allah/Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril sebagai Mukjizat dan membacanya termasuk ibadah (mendapat Pahala).
4. Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw secara berangsur-angsur selama sekitar 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
5. Al Qur’an pertama kali turun kepada Nabi Muhammad Saw pada malam 17 Ramadhan di Gua Hira’ pada saat beliau berusia 40 tahun.
6. Kitab suci Al Qur’an terdiri dari 30 Juz (114 surah). Isi kandungan Al Qur’an meliputi Akidah, Syariah, Ibadah, Muamalah serta kisah-kisah rasul dan orang terdahulu.
7. Kitab suci Al Qur’an mempunyai beberapa nama lain, yaitu al Kitab, al Furqan, az Zikru, al Huda, asy Syifa’, dll.
8. Belajar Al Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Oleh karena itu, kita harus membacanya, mengetahui arti, dan maksud yang kita baca. Kemudian mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.
9. Al Qur’an adalah satu-satunya kitab suci Allah Swt yang terjaga keasliannya sampai akhir zaman.
10. Kitab suci Al Qur’an pada zaman Nabi Muhammad Saw ditulis pada pelepah kurma, batu-batuan, dan tulang belulang. Al Qur’an ditulis pada kertas (buku) pada zaman Khalifah Abu Bakar atas saran/usulan dari sahabat Umar bin Khattab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar